Blog ini tentang semua yang berhubungan dengan smartphone, baik itu Game, Aplikasi, Review, Android, dan semua jenis Masalah yang terjadi pada Smartphone

Monday 8 February 2016

Cara Menurunkan Suhu Smartphone Agar Tidak Cepat Panas


Smartphone Mania -  Prosesor / CPU bisa dibilang sebagai otaknya smartphone. Prosesor atau yang sering disebut dengan CPU (Central Processor Unit ) selalu menjadi bagian penting bahkan sangat penting di setiap smartphone, ini dikarenakan dialah yang menjalankan semua perintah yang kita perintahkan. Cepat atau lambatnya Sistem Android dalam menjalankan perintah itu tergantung pada seberapa besar Clock Speed yang dimiliki oleh Prosesor itu sendiri. Clock Speed yang dimiliki sebuah smartphone biasanya ditandai dengan penulisan Ghz diakhir penulisanya, sebagai contoh 1,2 Ghz, 2,0 Ghz dsb. Pada Intinya Semakin besar ukuran Clock Speednya maka kinerja smartphone tersebut akan semakin cepat.

Namun tidak semua clock speed yang besar berdampak positif, besarnya clock speed juga bisa berdampak negatif. Jika kalian pernah memegang sebuah smartphone yang ketika digunakan lama-kelamaan akan terasa panas, itulah salah satu dampak negatif yang timbul karena besarnya clock speed. Nah pada kesempatan kali ini saya akan mencoba memberikan sedikit Tips untuk menurunkan suhu smartphone agar tidak mudah panas.

Sebelumnya kita harus mengenali jenis apa prosesor smartphone kita dan berapa batasan MAX dan MIN untuk clock speed procesor tersebut. Pengecekan bisa menggunakan Aplikasi pihak ke-3 seperti CPU-Z, No Frills CPU Control, atau CPU-X. Nah pada kesempatan kali ini kita akan memberikan contoh dengan menggunakan Processor Intel (R) Atom(TM) CPU z2580 dengan clock speed sebesar 2.00Ghz (Hasil pengecekan dari aplikasi CPU-Z).


Nah pada kali ini saya akan menggunakan Aplikasi No Frills CPU Control. Ternyata setelah saya gunakan aplikasi tersebut terlihat bahwa settingan defaultnya berada di:
  • Maximal clock speed berada di frequensi: 2.00 Ghz
  • Sedangkan Minimal clock speed berada di frequensi: 800 Mhz
Sedangkan jika kita lihat menggunakan No Frills CPU Control, Processor Intel Atom tersebut mempunyai beberapa tingkatan frequensi, diantaranya :
  • 800 Mhz 
  • 933 Mhz 
  • 1,333 Ghz 
  • 1,6 Ghz
  • 1,866 Ghz
  • 2,00 Ghz 
Nah untuk kalian yang ingin ponsel kalian agak sedikit sejuk dan tidak boros baterai, Anda bisa setting ulang CPUnya. Jika Anda tidak ingin terlalu mengurangi performa, cukup turunkan 1 tingkat saja Clock Speed nya, dari 2,0 Ghz menjadi 1,866 Ghz. Namun jika Anda ingin penurunan suhu yang ekstrim, Anda bisa turunkan 2-3 Tingkat, namun dampaknya akan terasa pada performa seperti lag ketika bermain game, atau multitask yang sedikit lambat. Hal ini akan membuat ponsel Anda tidak akan berkerja terlalu keras ketika digunakan, dan efeknya ponsel akan terasa dingin.

Demikian tips sederhana Cara menurunkan suhu pada smartphone, dan syarat melakukan metode ini adalah ponsel Anda telah di ROOT karena No Frills CPU membutuhkan hak akses root. Terimakasih.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

BTemplates.com

BTemplates.com

© 2015-2016. Powered by Blogger.