Blog ini tentang semua yang berhubungan dengan smartphone, baik itu Game, Aplikasi, Review, Android, dan semua jenis Masalah yang terjadi pada Smartphone

Friday 29 January 2016

Tips Mencari Pengganti Charger Android yang Fast Charging


SharingSharingYuk - Jika kita berbicara masalah smartphone, pastinya perlengkapan wajib yang harus dimiliki adalah charger. Charger adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengisi kembali baterai smarphone kita yang sudah habis/sedikit. Maka dari itu peranan charger ini sangat penting sekali.

Pada jenis hp jaman dulu, charger mempunyai bentuk yang menyatu antara kepala dan kabelnya, sehingga tidak dapat dilepaskan satu sama lain. Dan ketika rusak, kita diharuskan untuk membelinya utuh dari kepala hingga kabel. Namun seiring perkembangan teknologi, charger kini sudah di transformasikan yaitu dengan dipisah antara Kepala Charger dengan Kabelnya atau yang biasa disebut Kabel Data. Ini difungsikan agar kita tidak lagi perlu membeli utuh antara kepala dan kabelnya. Dengan kemudahan ini, kita bisa memilih dan mencoba mengkombinasikan antara kepala charger yang baik dengan kabel data yang baik agar bisa mengisi baterai kita dengan  baik pula.

Karena kecanggihan teknologi smarphone sekarang yang hampir semuanya sudah mendukung metode Fast Charging, banyak produsen smartphone yang mulai membekali produknya dengan charger yang memiliki ampere lumayan besar, dengan tujuan dapat mengisi baterai dengan cepat. Nah namun tidak semua charger bawaan smartphone tersebut dapat bertahan lama, jika sudah rusak pasti kita harus menggantinya dengan yang baru dan rata-rata harga originalnya pastilah mahal.

Nah bagi Anda yang memiliki charger yang rusak dan ingin menggantinya dengan charger lain yang juga support Fast Charging saya coba bantu memberikan solusi berdasarkan pengalaman saya.
 


1. Beli sebuah Charger Merk BOLT yang memiliki ampere sebesar 2.1A
    Nah untuk tips membelinya saya sarankan cari di toko online seperti Tokopedia,Bukalapak, atau Lazada karena harga disana jauh lebih murah dibanding dengan ditoko-toko dekat rumah. Saya berhasil mendapatkan charger ini dengan harga Rp. 24.000. Lalu mengapa kita harus menggunakan charger Bolt? Mengapa tidak yang lain?.
Charger Bolt dipilih karena memiliki ampere yang lumayan besar, yaitu 2.1A. Kita mencari ampere yang besar karena yang kita tujukan adalah metode Fast Charging. Selain itu karena BOLT ini adalah murni hasil karya anak bangsa Indonesia, jadi harus kita ampresiasi dan salah satunya ya ikut menjadi konsumen dari produk dalam negeri. Lagi pula charger ini meskipun 2.1A sudah terbukti aman dan stabil untuk sebuah smartphone kok. Namun yang sangat disayangkan dari charger ini adalah kualitas kabelnya yang memiliki umur yang sangat singkat karena mudah sekali putus. Nah untuk mengakalinya yuk kita lanjut ke langkah selanjutnya.

2. Ganti Kabel Data ASLI BOLT dengan Kabel Data Merk Lain
    Mengapa kabel asli perlu diganti? karena sudah saya jelaskan diatas hehe .. Nah untuk Kabel Data Merk lain saya bisa memberikan Opsi antara Kabel Data Hippo atau bisa kabel data Original Vivan (Bukan Promo Ya :p) . Saya berani merekomendasikanya karena menurut saya 2 kabel inilah yang terbukti mampu mendukung metode Fast Charging karena bisa meneruskan arus 2.1A yang dihasilkan Kepala Charger BOLT dengan baik. Selain itu kualitas kabel ini juga sangat baik bahkan bisa mengalahkan kualitas kabel original bawaan Smartphone Anda. Dan yang pasti Harga yang ditawarkan untuk kabel ini sangat murah.
  • Untuk merk Hippo dibandrol dengan harga Rp. 7.000 - 10.000
  • Untuk merk Vivan dibandrol dengan harga Rp. 15.000 - 20.000
Untuk cara menentukan Kabel tersebut Support Fast Charging atau tidak silahkan baca Cara Menentukan Kabel Data Support Fast Charging atau Tidak
Perlu diperhatikan bahwa kedua Kabel tersebut memiliki beberapa Jenis.
  • Kabel Hippo, Ada yang berukuran pendek, dan ada yang berukuran panjang 1 Meter
  • Kabel Vivan, Ada yang berukuran pendek dan warna warni, dan ada yang berukuran panjang 1 Meter dan hanya berwara putih saja.
Untuk Kabel Merk HIPPO pilih yang panjang 1 Meter karena kualitasnya beda dengan yang pendek. Untuk gambar silahkan simak dibawah agar tidak tersesat

Kabel Data Hippo 1 Meter
Untuk Merk Vivan pilih yang originalnya, yaitu yang berwarna putih dengan panjang 1 Meter. Nih penampakanya.

Hasil gambar untuk kabel data vivan
Kabel Data Original Vivan 1 Meter
Selain bisa untuk mencharger/mengisi baterai, kedua kabel ini juga dapat digunakan untuk transfer data atau memindahkan data dari smartphone ke laptop/PC atau sebaliknya.
Kalau saya pribadi lebih suka yang Hippo, karena selain murah juga sudah diuji di ITB dan IPB (loh hehe). Alhamdulillah saya sudah pakai Kepala Bolt dan Kabel Data Hippo hingga 7 bulan dan sekarang masih sehat segar bugar.

Catatan :
"Rekomendasi diatas ditujukan untuk smartphone yang sudah mendukung metode Fast Charging dan siap menerima asupan daya hingga 2.1 Ampere. Silahkan cek Kepala Charger Original Anda, Jika tertera arus 1.3A keatas berarti bisa menggunakan rekomendasi ini"
Share:

0 komentar:

Post a Comment

BTemplates.com

BTemplates.com

© 2015-2016. Powered by Blogger.