Blog ini tentang semua yang berhubungan dengan smartphone, baik itu Game, Aplikasi, Review, Android, dan semua jenis Masalah yang terjadi pada Smartphone

Saturday 2 January 2016

Hati-Hati Jika Memilih Tempered Glass !!


SharingSharingYuk - Apakah anda salah satu pengguna Tempered Glass? Jika memang benar tidak salah jika anda menggunakan barang ini. Tempered Glass adalah antigores berbahan kaca yang bersifat tidak mudah tergores meskipun terkena benda tajam, Dianggap sangat aman, pelindung layar inipun menjadi salah satu primadona terfavorit dikalangan ScreenProtector. 

Karena banyaknya minat pembeli terhadap tempered glass ini, lahirnya bermacam-macam merk dengan kualitas dan harga yang berbeda-beda. Mulai dari kisaran harga Rp.8000 hingga harga Rp.200.000. Jika kalian ingin tahu lebih dalam tentang Tempered Glass, silahkan baca di artikel Kupas Tuntas semua tentang Tempered Glass.

Jika memang semua bahan pembuat tempered glass sama, yaitu sama-sama dari kaca lalu mengapa harganya bervariasi? Yuk kita bahas.

Memang ada banyak faktor yang mempengaruhi murah atau mahalnya suatu barang, diantaranya :
1. Pengaruh distributor, barang akan lebih murah jika penjual mengambil langsung dari produsenya, namun jika melalui distributor akan berbeda karena ada biaya perjalanan dari suatu tempat ketempat lain.
2. Brand/Merk, Brand/Merk yang sudah mendapat nama dihati konsumen dan sudah terbukti kualitasnya biasanya akan menaruh harga lebih mahal ketimbang kompetitornya.
3. Bahan yang digunakan oleh Tempered Glass itu sendiri. meskipun sama-sama dari kaca dan sama-sama bisa pecah namun bahan yang dibuat bisa berbeda.

Disini penulis akan mencoba men-share pengalaman saat menggunakan Tempered Glass di Smartphone kesayangan.

Tempered Glass yang jelek biasanya :
- Bentuk yang tidak sesuai dengan layar Smartphone. Walaupun sama-sama berukuran 6"inc dan bermodel sama misalnya, namun ketika dipakai ukuranya tidak pass, entah itu terlalu panjang atau bahkan kekecilan. Pernah penulis membeli Tempered Glass berukuran 5.5inc untuk Asus Zenfone 2 dengan merk dan harga yang berbeda-beda pula ternyata ketika diaplikasikan ukuran dan bentuknya pun berbeda, Merk biasa lekukan dan bentuk tidak sesuai dengan layar smartphone, termasuk tempat lubang sensor yang tidak pas pada tempatnya.


Gambar diatas adalah jenis Tempered Glass Biasa yang satu lubangnya kurang tepat dan yang satu lagi malah berbentuk cekung. Kualitas tempered biasa juga mudah pecah dan mudah sekali tertempel noda

- Menggores layar ketika pecah. Tempered Glass biasa ada yang berbahaya dan ada yang tidak, Contoh gambar dibawah ini adalah Goresan akibat tempered glass yang retak akibat terjatuh. Ketika Tempered Glass yang sudah retak tersebut dilepas dari layar, ternyata ada goresan yang sama persis dengan bentuk tempered glass yang retak. 




Pada intinya tempered glass yang biasa tidak presisi terhadap layar, bentuk dan letak sensor tidak pas, ukuran yang tidak sama, mudah pecah meskipun bertuliskan 9H, mudah tertempel noda meskipun bertuliskan "dilapisi dengan lapisan oleophobic". 
Penulis tidak ingin menjatuhkan suatu brand atau merk, tujuanya hanya ingin memberi pengalaman dan agar pembeli lain harus hati-hati untuk memilih tempered glass yang berkualitas untuk gadget kesayangan. Mahal atau murahnya harga tidak selalu berpengaruh terhadap kualitas, namun Brand yang Terkenal dan terbukti berkualitas bisa menjadi patokan dalam membeli suatu barang. :)

Share:

0 komentar:

Post a Comment

BTemplates.com

BTemplates.com

© 2015-2016. Powered by Blogger.