Blog ini tentang semua yang berhubungan dengan smartphone, baik itu Game, Aplikasi, Review, Android, dan semua jenis Masalah yang terjadi pada Smartphone

Sunday 7 February 2016

Solusi Mengatasi Smartphone yang Menyedot Daya Ketika di Charge

       



    SharingSharingYuk - Permasalahan didunia smartphone memang tidak ada habisnya jika dibahas. Selesai kita membahas yang satu, pasti akan muncul lagi satunya. Termasuk pada kali ini, kita akan coba membahas salah satu permasalahan pada smartphone, yaitu Smartphone yang ketika di charge bukanya mengisi daya malah semakin berkurang.

        Pastinya Anda sangat kesal sekali bukan? Ketika sedang asyik bermain game sambil di charge, eh tiba - tiba malah baterainya semakin berkurang dan tidak mau bertambah. Terlebih lagi ketika sedang ada hal penting yang diharuskan menggunakan ponsel, situasi ini akan semakin memperburuk keadaan.

      Sebelum mengacu pada solusi pemecahan masalah, ada baiknya kita coba mencari tahu sebenarnya kenapa hal tersebut bisa terjadi. Mungkin sebagian orang akan langsung menjudge atau menuduh bahwa ponselnya rusak, error atau sebagainya. Sebenarnya ada banyak penyebab mengapa hal tersebut bisa terjadi, antara lain :
  1. Terjadi Kerusakan Pada Komponen Kepala Charger.
  2. Terjadi Kerusakan Pada Kabel Data / Kabel Charger.
  3. Terjadi Error pada Ponsel itu sendiri.
  4. Kurang besarnya daya Output yang dimiliki Kepala Charger.
  5. Virus Android
Nah setelah kita mengetahui apa penyebabnya, sekarang kita coba analisa dari penyebab-penyebab tersebut. 
  • Mulailah telusuri pada bagian kepala charger, coba ganti dengan jenis lain tetapi dengan kabel data / kabel charge yang sama. 
  • Jika permasalahan masih sama, berarti kepala charger aman dan coba lanjut ke bagian kabel data, masih dengan cara yang sama, ganti kabel data dengan kabel data lain yang (usahakan yang baru) dengan syarat kepala charger masih menggunakan kepala charger yang lama. 
  • Jika permasalahan masih belum teridentifikasi, lanjut ke bagian ponsel itu sendiri. Cek apakah ponsel tersebut mengandung virus atau tidak, yaitu dengan cara mereset ulang ponsel anda.
      Mengapa saya berani mengatakan bahwa virus juga dapat menyebabkan hal ini terjadi? Sebelumnya kalian pasti pernah dengar bahwa virus dapat menyebabkan baterai menjadi lebih boros. Hal ini terjadi karena virus dapat mengacaukan file sistem pada Android kita. Virus ini dapat berperan untuk menjalankan script tertentu bahkan bisa diam-diam menjalankan aplikasi yang tidak berguna yang akan semakin membuat ponsel kita membuang daya yang lebih besar. Namun kasus ini jarang sekali terjadi, mungkin hanya beberapa orang saja yang apes karena virus ini.
       
       Dari beberapa cara mengatasi ketika di charge daya malah semakin berkurang tersebut, saya lebih terfokus pada umur atau kualitas kabel data anda. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan cara mengganti kabel data lama dengan yang baru. Kemungkinan sukses dengan cara ini adalah sekitar 90% menurut saya. Mengapa kabel data nya yang bermasalah? padahal tampak dari luar masih sangat bagus dan tidak ada tanda-tanda putus/rusak.

         Hal ini bisa terjadi karena penggunaan ampere pada Kepala charger Anda yang tidak sesuai dengan Max Output yang dimiliki oleh jenis Kabel Data tersebut. Hal ini juga berpengaruh pada bagaimana cara anda menggulung kabel data anda. Usahakan ikutilah bentuk gulungan seperti ketika awal anda membeli kabel tersebut. Kerusakan ini memang tidak kasat mata, karena yang rusak adalah kawat tembaga yang terputus pada beberapa bagian yang menyebabkan aliran listrik tidak dapat disampaikan dengan baik keponsel Anda.


Share:

0 komentar:

Post a Comment

BTemplates.com

BTemplates.com

© 2015-2016. Powered by Blogger.