Blog ini tentang semua yang berhubungan dengan smartphone, baik itu Game, Aplikasi, Review, Android, dan semua jenis Masalah yang terjadi pada Smartphone

Thursday 7 January 2016

TERUNGKAP ! Kesalahan pihak ASUS pada ASUS Zenfone 2 ZE551ML !


SharingSharingYuk - Asustek Computer Inc adalah perusahaan berbasis di Taiwan yang memproduksi komponen Komputer seperti Papan Induk, Kartu Grafis dan Notebook. Namun ASUS belakangan ini juga telah memproduksi Smartphone yang telah mendunia dengan nama ZENFONE.
Bekerja sama dengan berbagai pihak seperti Intel Corporation, ASUS sukses membuat smartphone dengan berlabel ZENFONE berprocessor Intel Atom. 

Bermodal pengalaman didunia teknologi dari tahun 1990, ASUS mulai mengembangkan smartphone yang diberi label ZENFONE ini. Dalam strategi pemasaranya pihak ASUS langsung menerbitkan 3 varian Zenfone yaitu Zenfone 4,5 dan 6. Ternyata hasil yang terjadi diluar dugaan, pihak ASUS sampai keteter dalam melayani konsumen yang sangat meminat dan menanti gadget ASUS masuk dalam kantongnya.

Seiring berjalanya waktu, kini ASUS berhasil meluncurkan  generasi ke-4 nya yaitu ZENFONE 2. Smartphone terbaru ini merupakan tingkatan upgrade dari semua versi sebelumnya. Namun karena banyaknya varian dari Zenfone 2 ini, pihak ASUS melupakan kesalahan yang bisa disebut fatal. Apa kesalahan itu? Yuk kita simak.

Pada varian keluaran pertama yang telah mendapat penghargaan dalam ajang CES 2015 karena ponsel inilah satu-satunya dan pertama kali ponsel dengan RAM sebesar 4GB dan berhasil berjalan lancar pada system 64bit yang jika dikalkulasi atau dibandingkan sudah setara dengan Laptop. Dengan berbekal Processor SUPER QUAD CORE INTEL ATOM Z3580 2,3Ghz dan RAM sebesar 4 GB, Zenfone 2 ini sudah menjadi jawara dikelasnya (untuk lebih lengkap silahkan baca Spesifikasi dan Harga Asus Zenfone 2)  Namun hal yang mengejutkan terjadi ketika pihak ASUS mencoba membuat varian pada seri zenfone 2 ini. Meskipun dibandrol dengan harga yang lebih murah namun ada beberapa downgrade yang dilakukan pada ponsel ini, terutama dari segini Processor yang mulanya Super Quad Core 2,3 Ghz di downgrade menjadi Quad Core 1,8 Ghz namun dari segi ini tidak terlalu jadi masalah karena dengan kekuatan processor 1.8 saja sebuah smartphone sudah dirasa sangat cukup. Namun bagaimana RAM yang tadinya 4GB didowngrade manjadi 2GB? apakah menjadi masalah? Inilah yang menjadi sumber permasalahan pada artikel ini.

Mengingat kenaikan RAM pada seri Zenfone 2 yang sangat fantastis yaitu 4GB pasti diiringi dengan space / ruang kosong untuk system yang dibutuhkan agar smartphone tersebut dapat berjalan lancar. Pada Zenfone 2 seri 4GB ditemukan bahwa RAM yang dibutuhkan untuk memuat system yaitu kurang lebih 1GB.
Agar lebih jelas dan tidak dikira mengada ada silahkan lihat gambar dibawah ini.

Zenfone 2 RAM 4GB setelah restart
Dari gambar diatas terlihat jelas Sistem yang digunakan pada Smartphone ini sebesar 1GB dan sisanya 3GB bisa dijalankan untuk menggunakan aplikasi dan aplikasi kita. Space 2.5GB inilah yang biasa disebut Free Space yang berguna untuk mengolah data-data aplikasi anda agar dapat berjalan dengan mulus. Lalu berapa minimal Free Space yang dibutuhkan agar tidak lag? Untuk minimal yang baik adalah 50% dari total RAM. Zenfone 2 versi ram 4GB dikategorikan sangat baik karena Free Space yang tersisa masih sangat luas yaitu 2.5GB sehingga pengguna tidak perlu repot-repot untuk menguninstal atau memfreez aplikasi tertentu agar dapat free space.

Lalu bagaimana dengan versi Zenfone 2 yang RAM 2GB? Coba lihat gambar dibawah ini :



Jika kita lihat Sistem membutuhkan 834 MB agar dapat berjalan lancar. Angka yang hampir sama dengan varian ram 4GB. Untuk versi RAM 2GB, separuh digunakan untuk menjalankan sistem itu sudah sangat disayangkan Coba perhatikan, pengguna ram 2GB coba menjalankan aplikasi yang totalnya 614MB  dan ternyata Free Space yang tersisa hanya 514MB saja. Belum jika pengguna ingin bermain Game yang pasti membutuhkan Free Space lebih banyak maka harus rajin-rajin memencet menu boost yang terdapat di system tray.

Berbeda dengan ASUS Zenfone 6 dan Zenfone 5, upgrade Lolipop membuat space system yang diperlukan semakin sedikit bahkan jauh dibandingkan Zenfone 2 seri RAM 2GB. Perhatikan Gambar dibawah ini :


Ruang Sistem yang digunakan pada ASUS Zenfone 5 dan 6 sangat sedikit yaitu hanya 295MB coba bandingkan dengan Zenfone 2 tadi, selisihnya 539MB. Kesalahan yang terjadi adalah pihak ASUS menurunkan versi Zenfone 2 dari RAM 4 GB ke RAM 2GB tanpa mengurangi sistemnya. Meskipun kita mendapat semua fitur yang ada pada Zenfone 2 versi RAM 4GB namun disektor Ram akan sangat terasa berat karena sudah terpakai kurang lebih 1 GB oleh sistem.
Namun Jika anda sudah terlanjur meminang gadget ini jangan khawatir karena banyak jalan menuju Roma. Coba akali dengan cara ini Cara mengatasi RAM yang sesak di Smartphone.

Mungkin inilah yang membuat orang berfikir 2 kali untuk membeli Zenfone 2 RAM 2GB ini. Penjelasan diatas adalah pengalaman penulis dalam memakai gadget ASUS mulai dari Zenfone 5,6 dan 2 dan bukan semata-mata untuk menjatuhkan produk tertentu. Review ini dibuat demi kepentingan umum guna referensi sebelum memilih gadget baru. Terima kasih
Share:

0 komentar:

Post a Comment

BTemplates.com

BTemplates.com

© 2015-2016. Powered by Blogger.